Senin, 23 Desember 2013

TUGAS PROMOSI KESEHATAN HIV / AIDS


Kata Pengantar
Puji syukur kita panjatkan kehadiran allah Swt atas limpah hidayah, rahmat dan lindungannya, makalah ini kami susun untuk menambah wawasan kita untuk memahami tentang viirus Hiv/aids.
            Mungkin masalah yang kami buat ini belum sempurna karena kami juga masih dalam proses belajar, oleh karena itu kami menerima saran / kritik anda semua.
Dalam makalah ini kami membahas tentang Hiv/Aids, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
            Demikianlah makalah yang kami susun dan jika ada tulisan atau perkataan kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya.
BAB I
PENDAHULUAN
                                    
A.       LatarBelakang
Masa remaja usia 10-24 tahun merupakan masa transisi yang unik dan khusus yang ditandai dengan barbagai perubahan fisik, emosi, dan psikis. Dan masa remaja ini di sebut pubertas atau peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa dengan pematangan organ-organ sex atau reproduksi. Perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja begitu cepatnya dibandingkan dengan perubahan emosi dan psikis. Perubahan yang cukup besar ini dapat membingungkan remaja yang mengalaminya untuk itu mereka memerlukan pengertian, bimbingan, dan dukungan lingkungan sekitarnya agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat baik fisik, mental, sosial budaya, dan ekonomi. Dalam lingkungan sosial tertentu, masa remaja bagi pria merupakan saat diperolehnya kebebasan, sementrara bagi remaja wanita saatnya dimulainya segala pembentukan pembatasan.
Seiring dengan berbagai perubahan yang dialami remaja, remaja cenderung ingin mencari jati diri lewat mencoba segala sesuatu yang belum pernah dilakukannya atau lebih dikatakan tidak mau ketinggalan jaman. Dalam arti jika tidak mau ketinggalan jaman. Dari pergaulan antara sesamanya, remaja kadang terjerumus pada pergaulan bebas hingga mulai mencoba-coba narkoba dan melakukan hubungan seksual diluar nikah, sehingga menjadi resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS.
Hal ini sangat memprihatinkan karena banyak kasus-kasus yang menyatakan hampir 10%-40% pecandu narkoba yang diduga kebanyakan dari para remaja yang memakai jarum suntik positif terinfeksi virus HIV/AIDS. Penyebaran HIV sangat cepat melalui jarum suntik karena langsung masuk ke sistem pembuluh darah dan dengan melakukan sex bebas penularan semakin cepat terjadi. Banyak para remaja juga tidak mengetahui bahwa penyakit yang mereka derita akibat virus HIV/AIDS sudah mencapai tingkat yang serius karena terlambat diagnosa dan sering menimbulkan komplikasi. Hal ini terjadi karena mereka kurang mendapatkan informasi tentang penyakit AIDS. Mereka juga belum mendapat berbagai bentuk bimbingan, nasihat, dan konseling, baik dari orang tua, keluarga, dan guru mereka, atau pihak-pihak lainnya.
AIDS adalah penyakit yang berbahaya dan merupakan ancaman latent bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. AIDS merupakan silent killer karena tanpa ada gejala kita dapat meninggal sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena masa inkubasi atau masa lantent infeksi HIV bertahun-tahun rata-rata antara 5-7 tahun.
Bab II
Prioritas Masalah
1.      TUJUAN PENYULUHAN
Adapun tujuan penyuluhan HIV/AIDS, yaitu antara lain sebagai berikut:
a.       Pengertian HIV/AIDS
b.      Cara penularan virus HIV/AIDS
c.       Pencegahan Infeksi HIV/AID
2.      Sasaran Promosi kesehatan
Sasaran Primer      : Penderita HIV/AIDS
SasaranSekunder :Keluarga, terutamakeduaorangtuanya, teman
SasaranTersier     : Para pelayanankesseperti :puskes, poliklinik, perawat.
3.      MANFAAT PENYULUHAN
a.       Kita dapat mengetahui bagaimana bahaya HIV/AIDS  bagi anak dan Remaja
b.      Kita dapat mengetahui bagaimana cara penularan HIV/AIDS bagi para remaja
c.       Dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan infeksi HIV/AIDS bagi kehidupan anak dan remaja.
4.      Intervensi
1.Ciptakan lingkungan yang menunjukan kasih sayang, saling percaya, serta kesediaan untuk mendengar
2.Klarifikasi dan hormati masalah yang bersifat rahasia
3.Perawat kesehatan reproduktif hendaknya memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai perkembangan remaja.

Bab III
PEMBAHASAN

Penemu virus Hiv/Aids
            London – dua ilmuan yang menemukan Hiv dengan berbagai nobel kedokteran dengan ilmuan yang mengaitkan Hiv dengan ilmuan kanker rahim. Adapun kedua ilmuan tersebut adalah Barre sinoussi dan Luc Montagnier. Keduanya dinilai berjasa dengan penelitian mereka dalam menemukan virus Aids.
            Temuan sinoussi dan montaigner antara lain mendorong metode diagnose pasien maupun dalam pemeriksaan darah, yang membatasi penyebaran wabah Hiv/Aids.
Walaupun masih belum ditemukan obatnya, dalam beberapa tahun belakangan penyakit itu tidak lagi menjadi hukuman mati langsung bagi penderitanya.
                                                                                           
A. Pengertian
AIDS yang merupakan singkatan dari Accuirred Immune Deficiency Sindrome adalah suatu sindrom “serbuan” penyakit-penyakit terhadap tubuh akibat menurunnya sistem kekebalan. AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesieslainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (ataudisingkatHIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus iniakan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipunpenanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.
HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membranmukosa)atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, sepertidarah, air mani, cairan vagina, cairanpreseminal, danair susuibu. Penularan dapat terjadi melalui hubunganintim (vaginal, anal, ataupunoral), transfusidarah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan  bisa selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

B.     Masalah HIV/AIDS pada anak dan remaja adalah:
  1. Rendahnya ilmu pengetahuan tentang HIV/AIDS,
  2. Berbagai dampak ekonomi, psiko sosial bagi anak dan remaja yang terinfeksi,
  3. Adanya praktek seks yang tidak aman, dan lain-lain.
C.    Cara pencegahan penularan dan penanggulangan HIV, yaitu:
Lima cara pokok untuk mencegah penularan Hiv (A,B,C,D,E), yaitu :
·         Abstinence
Memilih untuk melakukan hubungan seks beresiko tinggi
·         Be faithful
Saling setia dengan pasangannya
·         Condom
Menggunakan kondom secara konsisten dan benar
·         Drugs
Tolak penggunaan NAPZA
·         Equipment
Jangan pakai jarum suntik bersama             
D.    Penularan HIV/AIDS pada anak dan remaja dapat ditularkan melalui 3 cara, yaitu:
  • Hubungan seks (anal, oral, vaginal) yang tidak terlindungi dengan orang yang telah terinfeksi HIV.
  • Transfusi darat atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.
  • Melalui Alat kesehatan yang tidak steril.
  • Ibu pada bayinya.
HIV tidak ditularkan melalui jabatan tangan, sentuhan, ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk, memakai jamban yang sama atau tinggal serumah.
E.     Gejala-gejala HIV/AIDS, yaitu sebagai berikut:Gejala-Gejala AIDS
  • Merasa kelelahan yang berkepanjangan
  • Deman dan berkeringat pada malam hari tanpa sebab yang jelas.
  • Batuk yang tidak sembuh-sembuh disertai sesak nafas yang berkepanjangan.
  • Diare/mencret terus-menerus selama 1 bulan
  • Bintik-bintik berwarna keungu-unguan yang tidak biasa
  • Berat badan menurun secara drastis lebih dari 10% tanpa alasan yang jelas dalam 1 bulan.
  • Pembesaran kelenjar secara menyeluruh di leher dan lipatan paha.

F.     Bagaimana mengetahui orang yang sudah terinfeksi HIV/AIDS?
Hanya melalui penglihatan, Anda tidak bisa tahu apakah seseorang sudah terinfeksi HIV atau tidak.
  • Pada kenyataannya, pengidap HIV terlihat sangat sehat.
  • Satu-satunya cara untuk mengetahui hai ini adalah melalui tes darah HIV
  • Anda untuk mendapatkan pelayanan tes darah.
G.    Melindungi Diri Dari HIV/AIDS, yaitu:Melindungi Diri Dari HIV/AIDS
  • Jangan melakukan hubungan sesk dengan pasangan yang anda tidak ketahui kondisi kesehatannya.
  • Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
  • Gunakanlah kondom dalam melakukan hubungan seks, jika salah satu atau keduanya terinfeksi HIV
  • Jika membutuhkan transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang akan diterima bebas HIV
  • Gunakan alat suntik sekali pakai
  • Hindari mabuk-mabukan dan narkotik yang membuat Anda lupa diri.

Bab IV
Penutup
Demikianlah yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemhannya, karena keterbatasan pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Senoga makalah ini berguna khususnya bagi pembaca yang budimanpada umumnya.

Kesimpulan
Hiv / Aids adalah penyakit yang sampai sekarang ini belum ada obatnya dan mematikan, selain karena mengganggu kesehatan fisik, Hiv/Aids juga mengganggu stabilitas psikis dan kehidupan sosial penderita, sehingga diperlukan penanganan yang komprehensif.kita sebagai orang yang sehat harus harus waspada terhadap virus tersebut , kalau bisa kita juga jangan sampai terlibat, atau terkena virus Hiv / Aids.
Saran
Saran kami kepada pembaca jangan mendekati virus hiv/Aids agar kita tidak terjerumus ke dalam virus tersebut, biasanya orang yang terkena virus Hiv/Aids orang yang psiko tinggi, ( heteroseksual)biasanya banyak terjadi pada kaum perempuan yang selalu gonta ganti pasangan.itulah saran kami kepada semua perempuan yang suka gonta ganti  pasangan.



3 komentar :

  1. here my secound topixs of testifying DR AKHIGBE,my name remain LAURIE HUGHES . I will never stop testifying DR AKHIGBE , Happiness is all i see now I never thought that I will be cured from HIV virus again. DR AKHIGBE did it for me I have been suffering from a deadly disease (HIV) for the past 2 years now, I had spent a lot of money going from one place to another, from churches to churches, hospitals have been my home every day residence. Constant checks up have been my hobby not until this faithful day, I saw a testimony on how DR AKHIGBE helped someone in curing his HIV disease in internet quickly I copied his email which is drrealakhigbe@gmail.com just to give him a test I spoke to him, he asked me to do some certain things which I did, he told me that he is going to provide the herbal cure to me, which he did, then he asked me to go for medical checkup after some days, after using the herbal cure and i did, behold I was free from the deadly disease,till now no HIVin me again he only asked me to post the testimony through the whole world, faithfully am doing it now,all the testimony of DR AKHIGBE is true please BROTHER and SISTER, MOTHER and FATHER he is great, I owe him in return. if you are having a similar problem just email him on drrealakhigbe@gmail.com or you can whatsApp his mobile number on +2348142454860 He can also cure this diseases like HIVand AIDS,DIABETICES,HEPATITIS B ABC,FLU,CANCER,GONORRHEA,LASSA FEVER,GONORRHEA,MENOPAUSE DISEASE, DISEASE SKIN , LOW COUNT SPERM .ETC .piease email drrealakhigbe@gmail.com...or whatAPPhim ..+2348142454860 he is a real good and honest man.

    BalasHapus
  2. My name is donald boykins , am here to appreciate Dr Akhigbe for using his herbal medicine to cure my Herpes virus. Is about 3 years and 6 months now I have been living with this virus and it has been a serious problem to me, I was so confused cause i have been taking several drugs to be cured but all of my effort was in vain,one morning i was browsing through the internet then i saw several testimonies about Dr. Akhigbe curing people from Herpes virus and immediately i contacted Dr. Akhigbe on his email: dr.realakhigbe@gmail.com, i told him about my troubles and he told me that i must be cured, he gave me some instructions and which i rightly followed. so he prepared a herbal medicine and sent it to me which i used for 2 weeks and i was cured everything was like a dream to me and my Herpes virus was totally gone, dr .Akhigbe, God bless you and give you more power and ability for more cures.i dont know if there is any one out there suffering for herpes virus or any of these diseases..DIABETIES, CANCER,GENITAL AND SIMPLEX HERPES,LOW SPERMS COUNT,SYPHILIS,HIV/AIDS,FIBRIOD,COPD,MENINGITIES,HEPATITIES B [HBV] DISEASES .etc why don't you contact dr.Akhigbe today and be free from your diseases because he is very good and honest Doctor. contact him via email; dr.realakhigbe@gmail.com or whatsApp him on +2348142454860

    BalasHapus
  3. Obat herbal Dr. imoloa yang hebat adalah obat penyembuhan yang sempurna untuk Virus HIV, saya mendiagnosis HIV selama 8 tahun, dan setiap hari saya selalu mencari penelitian untuk mencari cara sempurna untuk menghilangkan penyakit mengerikan ini karena saya selalu tahu bahwa apa yang kita butuhkan karena kesehatan kita ada di bumi. Jadi, pada pencarian saya di internet saya melihat beberapa kesaksian berbeda tentang bagaimana Dr. imoloa dapat menyembuhkan HIV dengan obat herbal yang kuat. Saya memutuskan untuk menghubungi pria ini, saya menghubunginya untuk obat herbal yang saya terima melalui layanan kurir DHL. Dan dia membimbing saya bagaimana caranya. Saya memintanya untuk solusi minum obat herbal selama dua minggu. dan kemudian dia menginstruksikan saya untuk pergi memeriksa yang saya lakukan. lihatlah aku (HIV NEGATIF). Terima kasih Tuhan untuk dr imoloa telah menggunakan obat herbal yang kuat untuk menyembuhkanku. ia juga memiliki obat untuk penyakit seperti: penyakit parkison, kanker vagina, epilepsi, Gangguan Kecemasan, Penyakit Autoimun, Nyeri Punggung, Keseleo, Gangguan Bipolar, Tumor Otak, Ganas, Bruxisme, Bulimia, Penyakit Disk Serviks, Penyakit Kardiovaskular, Penyakit Kardiovaskular, Neoplasma, kronis penyakit pernapasan, gangguan mental dan perilaku, Cystic Fibrosis, Hipertensi, Diabetes, asma, radang sendi yang dimediasi autoimun yang dimediasi. penyakit ginjal kronis, penyakit radang sendi, sakit punggung, impotensi, spektrum alkohol feta, Gangguan Dysthymic, Eksim, kanker kulit, TBC, Sindrom Kelelahan Kronis, sembelit, penyakit radang usus, kanker tulang, kanker paru-paru, sariawan, kanker mulut, tubuh nyeri, demam, hepatitis ABC, sifilis, diare, Penyakit Huntington, jerawat punggung, gagal ginjal kronis, penyakit addison, Penyakit Kronis, Penyakit Crohn, Cystic Fibrosis, Fibromyalgia, Penyakit Radang Usus Besar, penyakit kuku jamur, Penyakit Kelumpuhan, penyakit Celia, Limfoma , Depresi Besar, Melanoma Ganas, Mania, Melorheostosis, Penyakit Meniere, Mucopolysaccharidosis, Multiple Sclerosis, Distrofi Otot, Rheumatoid Arthritis, Penyakit Alzheimer, email- drimolaherbalmademedicine@gmail.com / hubungi atau {whatssapp ..... +2347081986098. }

    BalasHapus